Anjing Pug - perilaku, Ciri dan Cara Merawat

Sosok hewan peliharaan ini agak berbeda dengan rasa anjing lain, anjing Pug memiliki ciri badan yang kecil dan gempal sehingga terlihat agak gemuk secara sekilas. Nenek moyang anjing Pub yang berasal dari Tiongkok, termasuk trah tertua yang hidup dalam masyarakat. Ia memiliki perilaku, ciri dan cara merawat yang perlu diketahui Anda jika ingin memeliharanya.
(Sumber hewandankita.blogspot.com)

Secara keseluruhan anjing Pug hewan yang menyenangkan dan membawa kebahagiaan untuk majikannya. Kepintaran yang dimiliki anjing Pub dalam menerima latihan dasar, dapat menjadikan mereka patuh dan bisa tinggal dalam lingkungan yang tidak terlalu besar, seperti apartemen.

Perilaku Anjing Pug


Anjing Pug hewan yang cerdas dan terkenal jenis anjing senang bermain. Mereka kurang cocok dirawat majikan yang jarang bersosialisasi di waktu senggang. Pug yang terbiasa sendiri bisa menjadi nakal dan perilakunya berubah kurang baik.

Sebagian orang dapat menilai anjing Pug memiliki perilaku agresif, suka menggonggong dan berloncat-loncat pada situasi tertentu. Anda mungkin perlu tahu penyebabnya mereka berperilaku demikian.

Anjing Pug Agresif

Anjing Pug dan hewan lain dapat menjadi agresif karena bawaan genetik induk. Beberapa perilaku tersebut tidak mutlak dan masih bisa berubah menjadi baik. Ras Pug yang memiliki pengalaman buruk masa kecil, seperti terpisah dengan induk sebelum minggu ke 8, hukuman yang berlebihan yang tidak seharusnya mereka dapat, dan cara melatih yang kurang tepat dan kasar, beberapa penyebab penyimpangan sikap mereka.

Cara yang tepat mengatasi perilaku buruk anjing Pub yang agresif, membantu ia mendapatkan latihan dan sosialisasi yang benar sedini mungkin.

Beberapa Penyebab Anjing Pug Sering Menggonggong

(Sumber dogareourfriend.blogspot.com)

Menggonggong salah satu cara anjing berkomunikasi dengan lingkungan dan makhluk lain. Ia memberitahukan sesuatu yang mungkin tidak Anda ketahui pada dirinya dan keadaannya.

Anjing Pug dapat sering menggonggong disebabkan beberapa hal, seperti:

  1. Sakit, penyakit umum yang dialami mereka seperti cedera.
  2. Lingkungan sekitar tidak nyaman, dapat terjadi karena lingkungan tempat tinggal berisik. Hal lain adalah sifat perlindungan pada anak mereka ketika menilai kemungkinan membahayakan anaknya.
  3. Butuh perhatian majikan, mereka butuh waktu khusus diperhatikan majikan.
  4. Ingin bermain, anjing Pug yang terisolasi terlalu sering dalam kandang dapat membuat mereka stres, bosan dan ingin bermain.
  5. Majikannya belum lama meninggalkan mereka untuk waktu yang lama, umum terjadi pada majikan atau seseorang yang merawat mereka ketika ditinggal dalam waktu cukup lama. Mungkin Anda perlu menyiapkan makanan dan minuman untuk mereka.


Ciri Umum Anjing Pug

(Sumber udinbelajar.wordpress.com)

Spesifikasi anjing Pug masuk kelompok hewan Toy yang sering menjadi hewan pendamping manusia. Rata-rata tinggi jantan dewasa sekitar 30 cm dan betina 25 cm tersebut senang bermain dan bisa menjadi pendiam pada waktu tertentu. Mereka dapat menjadi keras kepala jika terlalu dikasari dan menerima perlakuan tidak menyenangkan.

Watak anjing Pub cenderung lebih serius dibanding kelompok anjing yang senang bermain dengan anggota keluarga.

Bentuk kepala mereka yang bundar dan besar dengan ciri khas pada moncong yang pendek, semakin terlihat berbeda pada perawakan muka berkerut. Ia mudah dirawat karena bagian kelompok anjing mantel bulu pendek.

Warna mantel bulu anjing Pub dominan padat coklat kekuningan, perak dan hitam, mudah bermasalah pada suhu tidak stabil.

Cara Merawat Anjing Pug


Cara merawat anjing Pub bisa dilakukan majikan selama tahu hal yang diperlukan. Pug akan menjadi baik selama menerima latihan harian minimal 20 menit setiap harinya disesuaikan menurut penunjukan ahli hewan. Jika tidak melakukannya, mereka mudah gemuk sehingga menjadi masalah pada sendi karena obesitas.

Cara merawat anjing Pub adalah terlibat langsung mendorong mereka menyalurkan energi yang tersimpan, Anda dapat memilih jenis olahraga yang tepat atau bermain di lapangan menggunakan mainan ketangkasan.

Waktu yang baik bermain dan olahraga bersama mereka adalah pagi atau sore hari. Saat paparan sinar matahari tidak panas, sehingga tidak membuat mereka cepat lelah dan terengah.

Perawatan mantel bulu anjing pug


Anjing pug tergolong ras bulu pendek, namun struktur bulu mereka lebih padat dibanding trah anjing yang lain. Sebagian ras anjing Pug dapat mengalami bulu rontok berlebihan, khususnya warna tertentu seperti coklat kekuningan, dan pola warna campuran lain.

Beberapa penyebab mantel bulu anjing Pug mudah rontok, salah satunya tingkat kepadatan tinggi di permukaan kulit mereka. Anjing Pug diperkirakan memiliki kisaran 600 helai bulu setiap inci. Sedangkan ras anjing lain rata-rata minimal 100 helai hingga 200 helai per inci.

Sebab lain membuat mantel bulu anjing Pug banyak rontok, antara lain jenis mantel ganda dominan lebih mudah rontok dibanding berlapis satu, usia diatas 1,5 tahun lebih banyak rontok, masa tinggi yang dialami pug betina karena pengaruh hormon.

Cara Merawat Mantel Bulu Anjing Pub Tidak Mudah Rontok

(Sumber ydiahk.blogspot.com)

Hewan peliharaan anjing Pug secara keseluruhan ras yang menyenangkan. Anda dapat bermain dan olahraga bersama dengan mereka di waktu yang tepat. Cara Anda menjaga kesehatan bulu mereka, perlu perhatian tambahan lain, seperti:

  1. Membiasakan menyisir mantel bulu
  2. Membiasakan menyisir mantel bulu anjing Pug sangat disarankan, jika Anda ingin merawat kesehatan mantelnya. Pilih tempat i luar rumah seperti halaman untuk menyisir mantel bulu agar terbebas dari kerontokan yang menumpuk.


Upaya lain dapat dikerjakan memberi mereka suplemen lemak omega yang direkomendasikan dokter hewan. Nutrisi, vitamin yang tepat ketika tidak diterima mereka dari makanan utama, beresiko melemahkan kemampuan tubuh mereka mempertahankan kesehatan mantel bulu.




LihatTutupKomentar